Rabu, 03 Desember 2008

Kuyt Mengecewakan Wigan


Dirk Kuyt kembali menyelamatkan muka Liverpool dengan mencetak dua gol untuk membawa 'The Reds' menang tipis atas Wigan Athletic setelah ketinggalan 1-2 sejak babak pertama di kandang mereka sendiri, Anfield.

Anak-anak asuhan Steve Bruce menunjukkan perlawanan alot di babak pertama dengan memainkan sepakbola mereka sendiri dan tidak terpengaruh untuk bertahan walaupun lawan mereka termasuk tim calon juara. Sebaliknya tuan rumah Liverpool yang walaupun agresif sejak awal, tetapi tidak menemukan irama permainan mereka yang tepat.

Menit 29, striker Wigan yang tengah 'on fire', Amr Zaki, kembali menunjukkan potensi besarnya dan mengejutkan tuan rumah dengan golnya yang ketujuh musim ini. 0-1 untuk Wigan.

Kuyt lalu menyamakan kedudukan pada menit 38 setelah mendapat assist dari bek Liverpool, Daniel Agger. Agger memegang peran kunci untuk gol ini dengan terobosannya di sayap kiri dan melepaskan umpan bagi Kuyt. Skor menjadi sama 1-1.

Memasuki injury time babak pertama, Zaki kembali 'menghukum' lini belakang Liverpool dengan gol spektakulernya. Crossing Antonio Valencia dari sayap kanan disambar dengan tendangan gunting Zaki dari jarak sekitar 16 meter, bola kemudian melesak ke sudut kanan bawah gawang Pepe Reina. 1-2 untuk Wigan.

Liverpool yang tampil tanpa Fernando Torres karena cedera kemudian lebih meningkatkan serangan mereka yang kali ini nyaris berbuah gol, namun gerak refleks kiper Chris Kirkland masih bisa menyelamatkan gawangnya dari serbuan Kuyt. Sementara Wigan juga memperoleh peluang melalui Daniel De Ridder pada menit 67, tetapi shootingnya masih tidak menemui sasaran yang tepat.

Pada menit ke 75, Wigan harus bermain dengan 10 orang setelah Adolfo Valencia memperoleh kartu kuningnya yang kedua setelah melanggar Xabi Alonso. Padahal sebelumnya ia juga baru memperoleh kartu merah di pertandingan internasional membela Ekuador.

Tanpa menunggu terlalu lama, pada menit 79, sayap asal Spanyol Albert Riera berhasil menyamakan kedudukan setelah memanfaatkan crossing dari pemain muda Liverpool , Nabil El Zhar. Skor pun menjadi sama, 2-2, Wigan pun mulai was-was.

Kuyt yang memang tampak seperti 'kelaparan' di pertandingan ini, akhirnya dapat membawa kemenangan saat ia memvoli crossing dari Jermaine Pennant. Bola sempat menyentuh mistar gawang untuk kemudian melejit masuk. 3-2, Wigan pantas kecewa tanpa meraih angka setelah perlawanan alot melawan tuan rumah Liverpool.


Tim Liverpool: Reina, Arbeloa (Benayoun 79), Carragher, Agger, Dossena (El Zhar 77), Pennant, Gerrard, Alonso, Riera, Keane (Hyypia 90), Kuyt

Cadangan: Cavalieri, Hyypia, Lucas, El Zhar, Insua, Benayoun, N’Gog.

Tim Wigan Athletic: Kirkland, Melchiot, Scharner, Bramble, Figuero, Valencia, Cattermole, Palacios (Koumas 90), Kapo (Brown 82), De Ridder (Kilbane 79), Zaki.

Cadangan: Pollitt, Taylor, Boyce, Koumas, Brown, Kilbane, Camara.

Tidak ada komentar: