Jumat, 05 Desember 2008

Schecter Guitar menurut Indra YS


Schecter itu sebenarnya adalah merek Amerika dari Schecter Guitar Research. Didirikan tahun 1976 oleh David Schecter. Awalnya (antara 1976-79) mereka adalah pembuat pemasok parts2 gitar merek fender, gibson namun tidak pernah merakit gitar secara utuh. Tahun 1979 merek baru membuat gitar custom, Model pertamanya adalah telecaster style dgn 2 humbucker pickups dan Gibson Les Paul style pick up selector. Pete Townshend tertarik dgn gitar tersebut dan menjadi gitar andalannya s/d penampilan The Who di Live Aid. Dia kemudian mempunyai beberapa instrumen serupa yg dibuat dari sparepart Schecter dan dirakit oleh Schecter dan luthier Inggris Roger Giffin.

Selain Pete Townshend, Mark Knopler juga menggunakan gitar ini thn 1980, model stratocaster style. Dipake pas rekaman album ke 3nya Dire Straits (Making Movie). Doi banyak punya gitar schecter dan pada tahun 2004, gitar schecter strat-stylenya dgn warna tobacco sunburst, dilelang dan laku dengan harga diatas US$ 50.000,-.

Tahun 1983-1987, karena kapasitas produksinya tidak memenuhi demand. Schecter dijual ke grup invester Texan. Pabriknya dipindahkan ke Dallas, Texas dari Burbank, California. Dalam periode ini endorser Schecter adalah Yngwie Malmsteen dimana dia dibuatkan beberapa kustom gitar dengan scalope neck dan reverse headstock.

Tahun 1987-sekarang
,

Pada periode ini, Texan investor menjual saham Schecter ke Hisatake Shibuya, pengusaha jepang, pemilik Musician Institute di Holywood dan ESP Guitars. Dibawah manajemen Hisatake, Schecter dikembalikan bisnis intinya sbg pembuat gitar kustom, mengembalikan pabrikan dari Dallas, Texas, ke Burbank, California. Hisatake kemudian menggaet Michael Ciravolo sebg direktur. Michael Ciravolo berobsesi ingin meraih pasar pemusik generasi baru yg selama ini tidak dilirik major label. Pada periode ini kapasitas produksi schecter 40 gitar per bulan, dan entitinya masih sebagai produsen gitar kustom berharga mahal. Untuk merealisasikan keinginannya, Agar Schecter dapat diproduksi secara masal dengan harga yang terjangkau,namun dengan standar kualitas tinggi, maka tahun 1997 Michael Ciravolo bertemu dengan beberapa produsen gitar Asia di Tokyo Music Festival dan akhirnya menunjuk sebuah perusahaan berlokasi di Inchon, Korsel sebagai perakit gitar Schecter, dimana gitar2nya diasembling di Korsel dan kemudian dikirim ke Amerika (kantor pusatnya) untuk di setup.
Pada tahun 1998 di pameran NAMM, Schecter meluncurkan Diamond Series, gitar non kustom dengan harga terjangkau.

Jadi dari uraian ini, dapat disimpulkan bahwa gitar Schecter yang benar2 buatan Amerika itu adalah yg seri kustom saja. Untuk produksi masal dibuat di Korsel.
Schecter yang korea diam-diam playibilitynya mantap tenan lho. Banyak yang mulai doyan. Terutama mereka yg gak suka tebelnya neck fender dan gibson/epi tapi gak tahan juga sama tipisnya neck Ibanez. Gw pas pertama kali nyoba langsung naksir dan sekarang baru punya 1.

Tidak ada komentar: