Rabu, 03 Desember 2008

Super Band Besar Di Indonesia - 10 Magnificient

Musik Indonesia dalam beberapa dekade belakangan bertransformasi menjadi industri yang menguntungkan. Baik dari sisi produser, artis, EO, label dan bahkan dari sisi penikmat musik.

Dari sisi penjualan baik kaset, CD/DVD, maupun Ring back tone bisa digarap menjadi sebuah lahan yang menjanjikan bagi pihak-pihak di industri musik.

Kemunculan banyak talenta-talenta baru di ranah musik Indonesia baik berujud Band maupun solois/duo menjadi fenomena tersendiri belakangan ini.

Namun pada kesempatan ini yang perlu lebih dicermati adalah keberadaan band-band yang ada di Indonesia, karena jumlahnya lebih banyak dibanding solois maupun duo.

Dari sekian banyak band, hanya band-band besarlah yang tetap eksis dan mempunyai musikalitas yang memadai meski perubahan (komposisi grup, selera pasar, trend musik, kompetisi antar band) cepat terjadi di peta blantika musik Indonesia.

Hanya band besarlah yang terus menjaga fans-fansnya agar tetap setia.

Band besar yang bisa menentukan pasar, bukan pasar yang menentukan mereka.

Dari berbagai kriteria seperti, ketenaran, jumlah fans, penjualan album, maintaining fans loyalty, kualitas album, penerimaan pasar di Luar negeri, traffic situs resminya, jumlah RBT yang di download, ekspose media (cetak, TV, Radio, internet), award yang diterima, jumlah konser pertunjukan yang digelar, kepopuleran hits lagu, kontinyuitas keberadaan dalam beberapa tahun, maka berikut susunan 10 band besar yang ada di Indonesia:


1. Slank
--> sdh eksis selama bertahun-tahun, sejaka awal 90 hingga kini, dengan basis fans yang luar biasa dan loyal, punya koran Slanker

2. Dewa 19
--> sisi musikalitas yang menawan, dan album selalu laris * 1 milion copies band

3. Ungu
--> band paling laris selama tahun 2007 dan 2008, banyak lagunya dijadikan theme song sinetron

4. Padi
--> musikalitas tidak perlu diragukan, liriknya puitis * 1 milion copies band

5. Gigi
--> tetap eksis dengan rutin menelorkan album baru

6. Peterpan
--> band fenomenal di awal keberadaannya, dan sempat menjadi the most wanted band di Negara-negara melayu * 1 milion copies band

7. Nidji
--> menghadirkan jenis musik yang sedikit berbeda di kancah musik indonesia

8. Letto
--> lagu-lagunya paling banyak dijadikan theme song sinetron selama tahun 2007

9. Samsons
--> penggemar yang berjibun yang didominasi sebagian besar kaum hawa

10. Sheila on 7
--> dengan musik easy listening, perintis kebangkitan era band, dengan di awal kehadirannya album langsung laku menembus 1 juta copy, menjadi fenomena di malaysia, S'pore, Brunei * 1 milion copies band

Nah, apakah daftar tersebut valid? untuk keakurasian validitas memang sangat perlu untuk diuji lagi. setuju atau tidak setuju kembali kepada anda semua.

Tidak ada komentar: